Puluhan Orang Keracunan Nasi Kotak di Bandung Barat

Pasien keracunan masal mendapakan penangan di puskesmas. (doc.ist)

Bandung Barat, adajabar.com – Sebanyak 83 orang di Desa Cilangsari, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, keracunan nasi kotak yang dibagikan dalam kegiatan keagamaan. Satu orang di antaranya dilaporkan meninggal dunia.

Kepala Desa Cilangari, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat Sobana mengatakan, warga yang meninggal dunia keracunan atas nama Rahmat (63) asal RW 11. Warga tersebut meninggal pada Senin (13/2/2023) sekitar pukul 22.00 WIB, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cililin.

“Korban meninggal sekarang sudah dimakamkan,” kata Sobana, Selasa (14/2/2023).

Sobana menjelaskan, keracunan itu diduga bermula dari warga yang menyantap nasi kotak saat acara keagamaan pada Sabtu (11/2/2023).

Rahmat sebelumnya sempat menjalani perawatan di Puskesmas Gununghalu. Namun, karena kondisinya semakin parah, korban itu dirujuk ke RSUD Cililin.

Sebelumnya, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Mawaddah mengatakan pihaknya masih menyelidiki secara rinci penyebab puluhan warga itu keracunan.

Warga yang keracunan itu mengalami sejumlah gejala, di antaranya mual-mual, pusing, suhu badan meningkat (tinggi), muntah-muntah, hingga diare.

Dia mengatakan nasi kotak yang dikonsumsi oleh warga itu berisi nasi putih, ayam goreng, tumis bihun, dan sambal goreng kentang.

Menurutnya, sampel makanan nasi kotak itu telah dibawa untuk diuji.

“Kita tidak bisa menduga-duga. Penyebab pastinya menunggu hasil laboratorium keluar,” kata Mawaddah. (dbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *